BELUM DAPAT TIKET WISATA BUAT LIBURAN? BURUAN, LAGI DISKON! MAU DONG

Makanan Khas dan Wisata Kuliner di Cirebon


09 Januari 2016

Kalau kamu senang makan dan mencoba aneka makanan khas daerah di Indonesia, jangan lupakan untuk wisata kuliner di Cirebon menjelajahi makanan khas Cirebon yang sudah terkenal lezatnya. Beberapa wisata kuliner Cirebon yang terkenal adalah sebagai berikut:

 

Empal Gentong dan Empal Asem

empal gentong wisata kuliner di cirebonWisata kuliner Cirebon yang pertama ini mirip gulai dengan isi berupa usus, babat dan daging sapi yang dimasak di dalam periuk tanah liat di atas kayu bakar, lalu disajikan dengan daun kucai dan sambal dari cabai kering giling. Sedangkan empal asem mirip dengan empal gentong, namun jika kuah empal gentong berkuah santan, maka empal asem berkuah bening yang dicampur belimbing wuluh segar. Di sepanjang jalan Ir. H. Djuanda banyak tempat makan wisata kuliner kota Cirebon empal gentong dan empal asem yang terkenal, diantaranya Haji Apud, dan Amarta.

 

Sega Jamblang

Nama Jamblang sebenarnya berasal dari nama daerah di sebelah barat Cirebon tempat asal pedagang yang menjajakan makanan ini pertama kali. Wisata kuliner di Cirebon Sega jamblang ini menggunakan daun jati sebagai bungkus nasinya. Kamu bisa memilih aneka lauk untuk menemani makan sega jamblang ini, biasanya berupa paru, semur hati atu daging, perkedel, sambel goreng kentang, telur, ikan asin, tahu, dan masih banyak lagi. Kamu bisa coba mampir ke Nasi Jamblang Ibu Nur di Jl. Cangkring II no. 45.

 

Nasi Lengko

Wisata kuliner Cirebon berikutnya yang perlu kamu coba juga adalah nasi lengko, yang sebenarnya mirip dengan nasi pecel. Nasi Lengko berisi irisan kecil mentimun, toge, daun bawang, tempe iris, dan tahu yang kemudian disiram bumbu kacang dan ditaburi bawang goreng. Menu ini biasanya dimakan dengan sate kambing muda, yang juga berbumbu kacang. Menjadikan nasi lengko ini wisata kuliner di Cirebon yang tidak boleh dilewatkan.

 

Mi Koclok

Kalau perut masih cukup, bolehlah lanjut wisata kuliner kota Cirebon berikutnya, mencoba mie koclok, yang dimasak dengan menggoyang-goyangkan wadah (koclok - dalam bahasa setempat). Setelah matang kemudian disiram kuah kaldu yang kental. Kalau kamu pernah ke Dieng / Wonosobo, dan mencicipi mie ongklok, rasanya mirip. Mie koclok disajikan dengan sayuran yang direbus setengah matang dengan potongan telor rebus dan suwiran daging ayam. Cobain ke Mie Koclok Mang Sam, di Pasar Balong, Cirebon.

 

Bubur Sop Ayam

Wisata kuliner Cirebon yang satu ini tidak terlalu berat, bubur ayam yang berisi suwiran daging ayam, kentang, bihun, sayuran, dan kacang. Apa bedanya dengan bubur ayam biasa? Bedanya adalah wisata kuliner Cirebon bubur sop ayam ini disiram kuah sup ayam sehingga membedakannya dengan bubur ayam.yang biasa kita kenal.

 

Demikianlah, informasi beberapa makanan khas Cirebon untuk kamu coba ketika berwisata ke Cirebon. Wisata kuliner di Cirebon memang sangat menarik, jadi anda layak untuk mencoba berbagai sajian yang ada di Cirebon. Ada tambahan lainnya? Silakan berkomentar ...




{
% comment %}