BELUM DAPAT TIKET WISATA BUAT LIBURAN? BURUAN, LAGI DISKON! MAU DONG

Sejuta Pesona Tempat Wisata Gunungkidul


15 Januari 2016

tempat wisata gunungkidulSesuai namanya, Kabupaten Gunungkidul didominasi oleh pegunungan yang merupakan bagian barat dari Pegunungan Sewu atau Pegunungan Kapur Selatan, yang membentang di selatan Pulau Jawa mulai dari kawasan tersebut ke arah timur hingga Kabupaten Tulungagung. Pegunungan Kidul terbentuk dari batu gamping, menandakan bahwa pada masa lalu merupakan dasar laut. Temuan-temuan fosil hewan laut purba mendukung anggapan ini. Nggak kebayang ya, daerah yang dulunya merupakan dasar laut sekarang bisa berubah menjadi pegunungan.

Gunungkidul dikenal sebagai daerah tandus dan sering mengalami kekeringan di musim kemarau, namun menyimpan kekhasan sejarah yang unik, selain potensi pariwisata, budaya, maupun kuliner, dan belakangan ini mulai menjadi daerah tujuan wisata menarik yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Berikut adalah beberapa tempat wisata Gunungkidul yang perlu kamu kunjungi

 

Pantai Indrayanti

Tak hanya berhiaskan bukit karang, pasir putih dan air yang jernih, Pantai Indrayanti juga dilengkapi dengan restoran dan kafe serta deretan penginapan. Nama asli pantai ini adalah Pantai Pulang Syawal, merupakan salah satu dari beberapa pantai di Gunungkidul, dinamakan Indrayanti karena sesuai dengan nama pemilik kafe dan restoran yang merawat pantai ini. Di Pantai Indrayanti ini kamu bisa bersantai di gazebo di pinggir pantai yang di malam hari dihiasi lampu-lampu kecil. Menikmati makan malam atau sekedar makanan ringan terasa sangat mengasyikan di sini.

 

Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran di Gunungkidul merupakan satu-satunya gunung api purba di Yogyakarta yang pernah aktif puluhan juta tahun lalu. Gunung ini memiliki dua puncak, yaitu puncak barat dan puncak timur dengan kaldera di tengahnya. Banyak pendaki yang berkemah di sini untuk mengambil kesempatan menyaksikan matahari terbit.

 

Air Terjun Sri Gethuk

tempat wisata gunungkidul sri gethukNama Sri Gethuk berasal dari kata "sri" yang berarti indah, dan "kethuk" yang merupakan salah satu instrumen dalam gamelan Jawa. Dengan panorama indah yang dikelilingi sawah, sejauh mata memandang akan disuguhi oemandangan hutan berlatarkan tebing yang mengapit sungai. Ada dua cara untuk kamu menuju ke tempat wisata Gunungkidul Sri Gethuk ini, yaitu naik perahu motor seharga Rp 7,500 per orang melawan arus Sungai Oyo sepanjang 250 meter, atau trekking sekitar 1.5 kilometer menyusuri sawah.

Air Terjun Sri Gethuk jatuh dari ketinggian sekitar 100 meter dan curahan airnya sudah tidak terlalu deras lagi ketika sampai di dasar karena sudah terpecah menjadi tiga bagian. Di air terjun Sri Gethuk ini pun kamu bisa menikmati permainan air seperti body rafting, cliff jumping, atapun naik kano.

Untuk masuk ke area air terjun Sri Gethuk ini kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp 35,000 per orang, sudah termasuk akses ke Gua Rancang Kencono.

 

Gua Rancang Kencono

gua rancang kencono

Berada dalam satu kawasan dengan objek wisata Air Terjun Sri Gethuk, Gua Rancang Kencono ini dikeramatkan masyarakat setempat karena memiliki latar belakang sejarah jaman penjajahan Belanda. Konon pada 1820, dalam pertempuran ada dua orang prajurit Mataram yang melarikan diri dari kejaran tentara Belanda dengan masuk ke gua ini. Dan kemudian di dalam gua inilah mereka merancang strategi untuk dapat mengusir Belanda. Dari sinilah nama gua ini berasal.

gua rancang kencono tempat wisata gunung kidulUntuk memasuki gua yang terbentuk secara alami sejak jutaan tahun lalu ini, kamu harus berhati-hati dan di beberapa tempat harus berjalan dengan menunduk, selain disarankan membawa senter sebagai alat penerangan. Karena udara di dalam gua terbatas, maka demi keamanan, gua ini tidak dapat dimasuki banyak orang sekaligus. Di mulut gua Rancang Kencono ini juga terdapat pohon klumpit yang berukuran besar, yang walaupun sudah berumur lebih dari 300 tahun tetap masih kokoh berdiri.

 

Cave Tubing Gua Pindul

Objek wisata Gunungkidul Gua Pindul memiliki aliran sungai bawah tanah dari Sungai Oyo. Di Gua Pindul ini kamu bisa menyusuri sungai di perut bumi sepanjang 300 meter menggunakan ban sebagai pelampung. Petualangan yang memadukan body rafting dan caving ini dikenal dengan istilah cave tubing. Petualangan ini memakan waktu antara 45 - 60 menit. Aliran sungai yang tenang membuat aktivitas cave tubing Gua Pindul ini aman dilakukan oleh siapa pun, termasuk anak-anak. Terlebih lagi karena pengunjung wajib mengenakan pelampung dan head lamp untuk keperluan keamanan.

 

Bukit Bintang

bukit bintang tempat wisata gunungkidulBukan hanya Kuala Lumpur yang punya Bukit Bintang, di Gunungkidul juga ada Bukit Bintang lho ... :) Berada di Bukit Pathuk, sekitar 15 kilometer dari Yogyakarta, tempat wisata Bukit Bintang merupakan tempat luas di atas bukit pada ketinggian sekitar 150 meter, sehingga pemandangan Yogyakarta dari ketinggian dapat dinikmati di sini. Bukit Bintang paling ramai dikunjungi sore sampai malam hari karena kerlip lampu kota Yogyakarta menambah keindahan pemandangan tersendiri. Di sekitar kawasan Bukit Bintang ini banyak terdapat warung yang menjual aneka makanan, dengan favoritnya jagung bakar dan mie instant :) Kelebihan dari warung-warung ini adalah mereka memiliki 'balkon' yang menghadap lembah. Kamu bisa berlama-lama disini, ditemani secangkir kopi dan jagung bakar menikmati pemandangan indah dan udara yang sejuk. 

 

Demikianlah beberapa tempat wisata di Gunungkidul yang menarik untuk dikunjungi.

 

 




{
% comment %}