Beli tiket wisata pas wiken, LEBIH HEMAT! Sudah murah jadi LEBIH MURAH LAGI! Saya Mau

Naik apa ke Banyuwangi?


10 Mei 2016

Kalau kita menyebut Banyuwangi, sebenarnya adalah Kabupaten Banyuwangi. Dimana sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten ini terletak di ujung paling timur pulau Jawa, di kawasan Tapal Kuda, dan berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di utara, Selat Bali di timur, Samudra Hindia di selatan serta Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di barat.

Kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di Jawa Timur sekaligus menjadi yang terluas di Pulau Jawa, dengan luas wilayahnya yang mencapai 5.782,50 km2, atau lebih luas dari Pulau Bali (5.636,66 km2). Di pesisir Kabupaten Banyuwangi, terdapat Pelabuhan Ketapang, yang merupakan perhubungan utama antara pulau Jawa dengan pulau Bali (Pelabuhan Gilimanuk).

Banyaknya objek wisata yang menarik di Banyuwangi menjadikan Banyuwangi banyak dilirik oleh wisatawan baik dalam negeri ataupun luar negeri.

Untuk anda yang tertarik ke Banyuwangi, simak alternatif transportasi ke Banyuwangi berikut ini.

Ada 3 cara menuju Banyuwangi, yaitu melalui darat, laut dan udara. Semuanya dapat disesuaikan dengan jadwal waktu dan budget anda.

 

Ke Banyuwangi lewat darat

Untuk mudahnya perjalanan ke Banyuwangi melalui jalur darat dapat dimulai dari Surabaya. Anda bisa naik bis tujuan Banyuwangi dari terminal Bungurasih Surabaya, naik travel, atau sewa mobil. Banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan budget anda.

By the way waktu tempuh dari Surabaya ke Banyuwangi dengan bis sekitar 8 - 9 jam, dan ada dua jalur yang biasanya dipakai, yaitu via Jember atau Situbondo. Kalau anda lewat Jember maka anda akan melewati Gunung Gumitir yang jalannya berbelok-belok dengan pemandangan yang menarik. Sedangkan kalau lewat Situbondo, anda akan melewati Taman Nasional Baluran dengan kiri kanan pemandangan hutan jati. Anda juga akan melewati PLTU Paiton yang merupakan pembangkit listrik berkapasitas terbesar di Indonesia.

 

kereta sri tanjung

Pilihan lainnya anda juga bisa naik kereta api, yang berangkat dari Stasiun Gubeng Surabaya. Terjadwal kereta api Sritanjung yang berangkat setiap hari dengan waktu tempuh 6 - 7 jam. Terdapat beberapa stasiun pemberhentian yang bisa anda pilih disesuaikan dengan tujuan anda. Kalau  anda mau ke Ijen turun di Stasiun Karang Asem, sedangkan kalau mau ke Baluran bisa turun di Stasiun Banyuwangi Baru. Untuk jadwal kereta api Sritanjung, bisa dicek di sini.

 

Ke Banyuwangi lewat laut

Perjalanan ke Banyuwangi lewat laut biasanya untuk anda yang berangkat dari Indonesia Timur. Anda bisa menyeberang ke Banyuwangi melalui Pelabuhan Gilimanuk Bali. Terdapat kapal ferry yang beroperasi dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi ke Pelabuhan Gilimanuk Bali yang beroperasi hampir 24 jam. Penyeberangan dari Bali ke Banyuwangi dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam.

 

Ke Banyuwangi lewat udara

Di Banyuwangi juga sudah terdapat bandara namanya Bandara Blimbingsari, terletak di selatan kota Banyuwangi. Namun untuk saat ini baru tersedia penerbangan dari dan ke Surabaya dan Denpasar oleh Garuda Indonesia, dan Lion Air. Sejalan dengan perkembangan waktu, pemerintah daerah sedang berusaha memperbanyak akses penerbangan langsung ke Banyuwangi.

Jadi untuk ke Banyuwangi lewat udara, anda harus transit dulu di Bandara Juanda Surabaya atau Bandara Ngurah Rai Bali dan ganti pesawat menuju Banyuwangi. Perjalanan dengan pesawat dari Surabaya ke Banyuwangi hanya memakan waktu tidak sampai  sejam.

Jadwal pesawat ke Banyuwangi dapat anda cek di sini.

 

Secara kesimpulan, perjalanan ke Banyuwangi dapat dilihat pada gambar berikut, jadi silakan jalur mana yang anda pilih?

naik apa ke banyuwangi

 

Baca juga:

Hotel Ketapang Indah, hotel bagus di Banyuwangi




{
% comment %}