BELUM DAPAT TIKET WISATA BUAT LIBURAN? BURUAN, LAGI DISKON! MAU DONG

Siram Menyiram di Songkran Festival

25 Maret 2015

Bersenang-senang adalah bagian besar dari budaya Thailand, dan bersenang-senang di tengah terik panas tidak terkecuali. Pada bulan April, masyarakat akan berbondong-bondong menyemprotkan air dengan pistol air, balon air, dan segala cipratan air dari segala arah yang berlangsung hampir seminggu. Selama Songkran, sebagian gedung perkantoran, bank serta toko-toko yang dikelola keluarga dan restoran tutup, sementara pusat perbelanjaan besar biasanya tetap terbuka. Bangkok mengalami eksodus besar-besaran, setidaknya setengah dari penduduknya kembali ke kota asal mereka untuk berkumpul bersama keluarga. Bangkok justru dipenuhi wisatawan yang terbang ke Bangkok terutama untuk menikmati salah satu saat yang paling berwarna-warni dan meriah.

Apa itu Songkran

Songkran adalah kesempatan bagi keluarga berkumpul, berkunjung ke kuil dan membersihkan rumah tahunan. Banyak warga Thailand menjalani liburan dengan menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman. Secara tradisional, Thailand melakukan ritual Rod Nam Dum Hua pada hari pertama Songkran, yang secara resmi dirayakan sebagai Hari Lansia Nasional. Selama ritual, orang-orang muda akan menuangkan air wangi ke telapak para tetua sebagai tanda kerendahan hati dan meminta berkah.

Hari kedua Songkran secara resmi dirayakan sebagai Hari Keluarga Nasional. Keluarga akan bangun pagi-pagi dan memberikan sedekah kepada para biksu, maka idealnya sisa hari itu adalah menghabiskan waktu yang berkualitas bersama-sama keluarga. Sebuah ritual keagamaan penting di Songkran adalah 'Memandikan gambar Buddha, dimana seorang Budhist yang taat menuangkan air harum atas patung Buddha baik di kuil dan di rumah. Orang Thailand yang lebih religius akan melibatkan diri dalam upacara Buddha sepanjang liburan.

Air Sebagai Simbol

Bertentangan dengan apa yang kamu mungkin telah saksikan seluruh Songkran, Orang Thailand akan bersenang-senang menyemprotkan air dengan pistol air, balon air, dan segala cipratan air dari segala arah. Sebenarnya makna di balik cipratan adalah simbolis mencuci semua kemalangan dalam satu tahun terakhir, sehingga menyambut tahun baru dengan awal baru yang segar.



Secara tradisional, Orang Thailand akan menuangkan semangkuk air dengan sopan pada anggota keluarga, teman-teman dekat dan tetangga. Seperti Songkran telah mengambil catatan yang lebih meriah, mangkuk menjadi ember, selang taman dan air senjata, dan semangat liburan kegembiraan dibagi di antara semua penduduk kota dan turis.

Silom

Mungkin yang terbesar dan paling liar kerumunan di Bangkok; Seluruh 5 km panjang jalan ini - sebagian besar dikenal untuk Patpong - akan dipenuhi ibuan anak muda Thailand membawa sesuatu yang bisa menyemprotkan air. Bagian yang terbaik adalah bahwa kamu dapat menikmati pesta di lingkungan yang relatif kering dengan tetap pada BTS sky walk yang berjalan di atas jalan. Relatif berarti bahwa kamu masih harus membawa barang berharga dalam kantong plastik. Dari sana kamu dapat menyaksikan sepenuhnya permainan: kerumunan orang muda berwarna-warni tersenyum sambil perlahan-lahan berjalan di antara dua baris kios yang menjual senjata air, makanan, minuman ringan, dan tentu saja, banyak bir. Yang menjadi pusat perhatian adalah tempat mobil pemadam kebakaran di setiap persimpangan dengan selang air yang sangat kuat. Mereka sebenarnya senang bisa disemprot sementara suhu udara dapat mencapai 40˚C.

Khao San Road

Kalau kamu menyukai pengalaman direndam dari kepala sampai kaki di tengah-tengah pesta liar, pastikan untuk mampir Khao San Road.

Seluruh panjang Khao San Road berubah menjadi perang air yang hebat, dan kamu akan benar-benar basah! Ada pos-pos pemeriksaan polisi didirikan di kedua ujung jalan untuk menyita botol, kaleng, dan serbuk putih yang biasanya digosokkan pada wajah orang-orang. Berhati-hati pada lantai keramik yang menjadi sangat licin seperti ice-rink, jangan sampai kamu tergelincir, dan terjatuh.

Hotel di Khao San Road

Songkran Do’s and Don’ts

Do :

  • Gunakan waterproof-bag untuk melindungi barang berharga kamu
  • Perhatikan barang bawaan kamu
  • Gunakan transportasi umum kalau kamu mau mengunjungi lokasi yang menjadi pusat Songkran. Arus lalu lintas akan sangat padat.
  • Tersenyum dan ucapkan selamat tahun baru “Sawasdee Pee Mai!”

Don't

  • Jangan mengajak anak kecil atau orang lanjut usia
  • Jangan melemparkan air yang kotor
  • Jangan melemparkan air ke pengemudi motor untuk menghindari kecelakaan

 

 




{
% comment %}