BELUM DAPAT TIKET WISATA BUAT LIBURAN? BURUAN, LAGI DISKON! MAU DONG

Tempat Wisata Menarik di Cirebon


05 Januari 2016

Cirebon, yang terletak di pesisir utara Jawa Barat, berbatasan dengan Jawa Tengah, menjadikan Cirebon sebagai kota yang memadukan budaya Eropa, Cina, dan Arab. Berkunjung ke Cirebon, anda akan menikmati wisata sejarah dan kuliner.

 

Muter-muter Cirebon

Sewa mobil di cirebonCara paling praktis dan murah untuk mengunjungi tempat wisata di Cirebon adalah naik angkutan kota (angkot). Angkot dengan awalan D memiliki rute ke berbagai sudut kota Cirebon, sementara angkot yang awalannya G, melayani sampai Kabupaten Cirebon. Ongkos angkot ini bervariasi sekitar Rp 3.000 - Rp 4.000 sekali jalan. Namun kalau kamu pergi beramai-ramai,  tidak ada salahnya untuk sewa mobil karena sangat praktis dan rasanya lebih ekonomis untuk mengunjungi tempat wisata di Cirebon. Harga sewa mobil di Cirebon sekitar Rp 400 ribu untuk 16 jam pemakaian.

SEMAKIN MUDAH KE CIREBON

Sejak 15 Juni 2015, Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mulai beroperasi. Jarak Jakarta - Cirebon kini dapat ditempuh sekitar tiga jam berkendara. Jalan tol sepanjang 116 kilometer ini menghubungkan Cikopo, Purwakarta dengan Palimanan, serta memperpendek jarak tempuh Cirebon dari Jakarta hingga 40 kilometer.

Kalau kamu lebih senang naik kereta, tersedia cukup banyak perjalanan setiap hari dalam berbagai kelas. Ada Cirebon Express (kelas Bisnis dan Eksekutif), Argo Jati (kelas Eksekutif). Juga seluruh kereta ke arah timur pulau Jawa dipastikan melewati Cirebon ini. Kamu bisa turun di stasiun Kejaksan atau stasiun Cirebon untuk memulai wisata di Cirebon.

 

Keraton Kasepuhan

Dibangun oleh Sunan Gunung Jati pada 1479 sebagai Kerajaan Islam, namun menggunakan arsitektur Hindu dengan pernik-pernik penghias bangunan yang diadopsi dari Cina, mencerminkan jejak percampuran budaya di setiap sudut bangunan Keraton Kasepuhan. Tempat wisata di Cirebon Keraton Kasepuhan ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 - 17.00 dengan harga tiket Rp 20 ribu per orang yang sudah termasuk pemandu, Keraton Kasepuhan merupakan tempat wisata sejarah di Cirebon yang perlu dikunjungi.

 

Taman Sari Gua Sunyaragi

Sunyaragi yang dulu dikelilingi Danau Jati adalah peristirahatan Sultan Cirebon. Ada sebuah gua besar, disebut Goa Peteng, yang dikelilingi 10 gua kecil membuat tempat ini sebagai tempat meditasi Sultan. Di belakang pintu masuk Taman Sari Gua Sunyaragi terdapat dua ruangan kecil berdinding batu bata yang hanya muat satu orang. Menurut mitos, ruangan kecil itu bisa tembus ke Mekah dan China lho .... Tempat wisata di Cirebon ini memang terkenal sebagai tempat yang mistis. Buka setiap hari mulai pukul 09.00 - 17.00, tiket masuknya sebesar Rp 15 ribu per orang sudah termasuk jasa pemandu.

 

Batik Trusmi

Batik Trusmi berawal dari Ki Gede Trusmi, salah seorang pengikut Sunan Gunung Jati yang mengajarkan seni membatik sambil menyebarkan Islam. Dari Desa Trusmi inilah muncul motif-motif batik klasik Cirebonan, termasuk Megamendung. Kini di desa yang dipenuhi toko batik ini, kamu tidak hanya dapat menikmati kain-kain cantik dengan motif khas Cirebon, tapi juga terdapat kerajinan tangan, oleh-oleh, hingga pusat kuliner. Sehingga tidak heran apabila Batik Trusmi sudah menjadi tempat wisata di Cirebon yang terkenal.

 

Tempat wisata di Kuningan

Mudah dijangkau dari Cirebon dengan perjalanan sekitar 90 menit, banyak tempat wisata yang menarik dan menyenangkan di Kuningan untuk dijelajahi.

Museum Linggarjati

museum linggarjatiLinggarjati adalah nama sebuah desa kecil di kaki Gunung Ciremai, tempat pernah dilaksanakannya Perjanjian Linggarjati antara Indonesia dan Belanda pada 11-12 November 1946. Rumah tua bergaya kolonial yang sempat menjadi hotel dan markas militer ini tetap mempertahankan suasana ketika perundingan berlangsung. Saar ini, di tempat wisata Linggarjati ini selain foto-foto perundingan, terdapat pula diorama perundingan, kamar-kamar tempat para tamu perundingan menginap. Semua masih ada dengan pengaturan yang rapih. Museum Linggarjati menjadi salah satu tempat wisata sejarah di Kuningan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Ikan Dewa Cibulan

 

 

Berwarna abu-abu kehitaman dan disebut sebagai ikan dewa, ukuran ikan ini beragam mulai 20 sentimeter hingga satu meter. Ikan ini disebut Ikan Dewa karena dikeramatkan penduduk setempat yang mempercayai ikan-itu adalah jelmaan dari para prajurit yang membangkang selama masa pemerintahan Prabu Siliwangi. Konon katanya jumlah ikan-ikan ini tidak pernah berkurang atau bertambah dari dulu. Apabila kolam dikuras, ikan-ikan ini akan hilang, namun pada saat kolam diisi air, mereka akan kembali lagi. Sampai saat ini tidak ada yang berani mengambil ikan ini karena takut mendapat bencana.

Di sudut barat pemandian Ikan Dewa Cibulan ini terdapat tujuh sumber mata air keramat yang salah satunya dihuni oleh kepiting emas, yang konon katanya bila seseorang dapat melihatnya, maka dipercaya segala keinginannya akan terkabul. Entah percaya atau tidak, tempat wisata Ikan Dewa Cibulan ini tetap ramai dikunjungi para wisatawan.

 

Demikianlah informasi beberapa tempat wisata di Cirebon dan tempat wisata di Kuningan yang menarik untuk dikunjungi.

 




{
% comment %}