Kawah Putih Yang Tetap Mempesona

Kawah Putih merupakan liburan alam yang ada di Kawasan Ciwidey, Bandung. Meski kini banyak ragam liburan buatan yang membuat Bandung macet, namun Bandung tetap kaya akan liburan alamnya yang memukau. Tempat wisata ini sudah terbilang lama, mulai dibuka sejak tahun 1987, tetapi pesona dan keeksotisannya masih tetap eksis dan memiliki daya tarik tersendiri untuk mengundang banyak turis lokal hingga mancanegara untuk mengunjunginya.

Terbukti sampai sekarang objek wisata Kawah Putih masih dipadati oleh pengunjung. Apalagi saat akhir pekan atau saat musim liburan seperti liburan sekolah atau akhir tahun. Jika liburan ke Bandung rasanya kurang lengkap jika tidak pergi ke Kawah Putih yang terkenal ini.

Kawah Putih sendiri sebenarnya adalah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Berada di bawah puncak tertinggi Gunung Patuha dan memiliki ketinggian kurang lebih 2.400 mdpl. Warna air dari kawah ini adalah putih kehijauan dan membuatnya tampak eksotis. Uniknya, air ini kadang dapat berubah warna tergantung kandungan belerang, suhu dan cuaca. Tanah di tempat ini bercampur dengan belerang dan menghasilkan warna putih.

Banyak kegiatan bisa kamu lakukan di sini, mulai dari mendaki, berkuda hingga berfoto. Namun kebanyakan pengunjung datang kesini untuk berfoto-foto, baik yang menggunakan kamera smartphone biasa sampai kamera profesional. Kawah Putih juga menjadi lokasi favorit untuk pembuatan foto preweeding karena keindahan panoramanya.

Buat kamu yang ingin memiliki foto kenang-kenangan Kawah Putih dengan hasil yang bagus namun tidak membawa peralatan memotret yang memadai, tidak usah khawatir karena banyak jasa foto yang menawarkan foto cetak langsung jadi. Para photographer tersebut biasanya juga sudah mengetahui spot-spot foto mana yang bagus dan menarik.

foto-di-kawah-putih

Harga tiket masuk Kawah Putih

Objek wisata Kawah Putih buka setiap hari mulai dari pukul 7.00 hingga 17.00. Untuk masuk ke kawasan liburan ini setiap pengunjung dikenakan biaya sekitar Rp 15.000 per orang. Sedangkan tarif untuk kendaraan juga beragam. Parkir bawah untuk mobil Rp 6.000 dan motor Rp 5.000. Masih terjangkau kan?

Parkir atas artinya kamu bisa membawa kendaraan hingga di lokasi kawah. Jika parkir di bawah, artinya kamu harus memarkir kendaraan di gerbang pintu masuk dan melanjutkannya dengan naik mini bus terbuka, yang disebut ontang-anting, untuk menuju kawah.

Dulu pengunjung masih diperbolehkan untuk membawa kendaraan pribadi parkir di atas, di dekat kawah. Namun saat ini, untuk alasan keamanan, semua kendaraan harus parkir di bawah kemudian kita lanjut ke atas naik mobil ontang-anting berkapasitas 12 orang yang disediakan oleh pengelola. Untuk naik mobil ontang-anting ini, setiap pengunjung harus membayar tiket seharga Rp 13.000 untuk tarif pulang pergi.

Tips mengunjungi Kawah Putih

Karena merupakan danau belerang aktif, Kawah Putih  ini memiliki bau belerang yang sangat menyengat, sehingga pengunjung disarankan untuk menggunakan masker dan tidak berlama-lama berada di sekitar kawah. Kamu bisa naik ke atas untuk kemudian turun kembali ke kawah untuk sekadar mengatur sirkulasi pernafasan. Kamu sebaiknya juga membawa jaket dan baju hangat, sebab suhu di tempat ini berada di kisaran 8-22 derajat celsius.

Disarankan untuk berangkat pagi-pagi dari Bandung, karena jalur menuju Kawah Putih cukup padat dan cenderung macet, terutama pada akhir pekan. Kamu bisa mencari hotel murah di Bandung untuk menginap agar tidak terlalu letih.

Logo