fbpx

Kesengsem Lasem: Patung Budha Tidur di Vihara Ratanavana Arama

Kesengsem Lasem: Patung Budha Tidur di Vihara Ratanavana Arama

Jika anda ingin melihat patung Buddha tidur, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Thailand. Cukup pergi ke Lasem maka anda akan menemukannya. Patung Buddha tidur ini terletak di Vihara Ratanavana Arama Lasem, yaitu tepatnya di Desa Sendang Coyo.

vihara-besar-di-lasemVihara Ratanavana Arama Lasem menjadi salah satu Vihara terbesar di Indonesia. Lasem bisa dibilang merupakan kota sejarah dan budaya. Banyak tempat-tempat bersejarah yang ada di Lasem. Selain itu Lasem menjadi miniatur Tiongkok di Rembang. Vihara Ratanavana Arama didirikan oleh Bhante Sudhammo di lahan seluas 6 hektar, di Desa Sendangcoyo, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Dari jalan raya utama (Jalur Pantura), di Kota Lasem, kita harus masuk sejauh 4 km dengan perjalanan menaik untuk menuju vihara ini.

 

patung-budha-tidur-lasemPatung Budha Tidur terletak di bagian puncak Vihara Ratanvana Arama Lasem. Anda perlu menapaki rangkaian anak tangga sebelum sampai ke sini. Patung Budha Tidur Lasem ini memiliki panjang sekitar 15 meter dengan posisi Sang Budha tidur dengan tangan kanan dilipat di depan wajahnya. Patung ini menggambarkan Sang Buddha Gautama meninggal dunia dengan sempurna. Selain patung Budha tidur, ada satu situs lainnya yang menjadi daya tarik Vihara Ratanavana Arama, yaitu Miniatur Candi Borobudur yang bernama Candi Sudhammo Mahathera. Miniatur Candi Borobudur ini dinamakan Candi Sudhammo Mahathera karena di dalam bangunan candi ini terdapat makam Bhante Sudhammo, sang pendiri vihara.

 

Foto-foto di Vihara Ratanavana Arama

sleeping-budha-lasem

 

Tempat Wisata di Lasem

Setelah puas berkunjung ke Vihara Ratanavana, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata di Lasem lainnya seperti: Rumah Merah Lasem, kelenteng Cu An Kiong, Rumah Candu (Omah Ombo). Anda juga perlu mencicipi Lontong Tuyuhan dan berbelanja batik khas Lasem.

 

Transportasi ke Lasem

Untuk anda yang ingin berkunjung ke Lasem, berikut panduan transportasi ke Lasem dari Jakarta.

Pertama, anda dapat naik kereta api atau pesawat menuju Semarang. Kami sarankan anda sudah tiba pagi hari di Semarang. Tersedia banyak jadwal keberangkatan pesawat atau kereta api ke Semarang. Kereta api yang melayani tujuan Stasiun Semarang Tawang dari Pasar Senen antara lain Tawang Jaya dan Jaya Baya. Sementara dari Stasiun Gambir yaitu Argo Muria, Argo Anggrek, Bangun Karta, Argo Sindoro, dan Sembrani.

jarak semarang lasemSetibanya di Semarang anda dapat melanjutkan perjalanan ke Lasem melalui jalur darat. Anda dapat naik bis umum, atau apabila pergi beramai-ramai dapat menyewa mobil agar lebih praktis. Apabila anda ingin naik bis umum, anda dapat naik dari Terminal Bus Terboyo Semarang, cari bus jurusan Surabaya dan anda bisa minta diturunkan di Masjid Jami Lasem atau Bank BNI Lasem.

Jarak Semarang ke Lasem sekitar 130 kilometer. Jika keadaan lalu lintas lancar, perjalanan akan memakan waktu kurang lebih tiga jam. Anda akan melalui kota Demak, Kudus, Pati, dan Rembang sebelum akhirnya tiba di Lasem.

Bagaimana? Jadi kapan mau liburan ke Lasem?

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *