Liburan Di Semarang Hanya Sehari Bisa Kemana?

Sebagai ibukota Jawa Tengah, Semarang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya itu, Semarang juga terkenal dengan wisata kulinernya yang murah dan enak. Bagaimana jika kamu hanya memiliki waktu yang terbatas untuk menjelajah aneka tempat liburan di Semarang? Tidak perlu kuatir, kamu bisa berangkat Jumat malam dari Jakarta misalnya, dengan menggunakan kereta, dan kembali ke Jakarta sabtu malamnya. Atau kamu bisa juga menggunakan flight pertama dari Jakarta sekitar jam 05.30, dan tiba di Semarang jam 06.30. Simak rekomendasinya berikut ini.

Soto Mbak Lien

Selain terkenal dengan lumpia, di Semarang juga kamu bakal banyak menjumpai penjual soto kudus. Ya, soto ayam khas Kudus ternyata sudah sejak lama menjadi salah satu ciri khas kota Semarang. Soto Kudus ini disajikan dalam sebuah mangkuk yang cukup kecil. Di dalamnya sudah terdapat campuran nasi atau lontong, tauge, potongan ayam, kuah soto, dan taburan seledri serta bawang goreng. Rasa soto Kudus cenderung manis dan gurih.

Salah satu tempat makan Soto Kudus yang terkenal di Semarang adalah Soto Mbak Lien, yang pusatnya di Jl. KH. Ahmad Dahlan, seberang RS Telogorejo. Ada beberapa cabang Soto Mbak Lien di Semarang yang semuanya selalu ramai dikunjungi, terutama saat makan siang.

Sarapan di Soto Kudus Mbak Lien bisa menjadi pilihan yang tepat karena porsinya yang tidak terlalu besar dan harganya yang relatif murah. Kalau belum kenyang juga kamu bisa menikmati soto kudus  dengan aneka makanan pendamping yang sangat menggugah selera, seperti sate paru, perkedel, tempe goreng, sate kerang, hingga sate telur puyuh.

Lawang Sewu

Baru pertama kali ke Semarang? Kamu harus ke Lawang Sewu, salah satu bangunan bersejarah yang terkenal di Semarang. Dari Soto Kudus Mbak Lien di Simpang Lima kamu cukup naik Trans Semarang Jalur 5 dari Halte Simpang Lima, dan turun di Halte Katedral.

Kamu bisa memilih untuk menjelajahi Lawang Sewu sendiri atau ditemani pemandu, yang akan menceritakan sejarah Lawang Sewu, dan pastinya akan membantu kamu untuk mengambil foto di spot terbaik. Siapkan biaya tambahan sebesar Rp 50,000 apabila ingin menggunakan pemandu.

lawang-sewu-liburan-di-semarangLawang Sewu sejarahnya adalah kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Gedung yang dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907 ini terletak di bundaran Tugu Muda, dahulu disebut Wilhelminaplein. Arsitektur bangunan Lawang Sewu didesain oleh arsitek Eropa. Bahan bangunannya yang digunakan pun langsung didatangkan dari Eropa. Pada masa penjajahan Jepang, Lawang Sewu berubah menjadi penjara bagi para tawanan perang.

Dinamakan Lawang Sewu, yang dalam bahasa Jawa artinya seribu pintu, jumlah lubang pintu di Lawang Sewu hanya 429 buah, dengan daun pintu lebih dari 1.200 (beberapa pintu memiliki dua daun pintu, bahkan empat daun pintu).

Di bagian lantai dasar, terdapat museum yang menceritakan sejarah lengkap Lawang Sewu, serta sejarah perkereta apian di Indonesia. Karena gedung Lawang Sewu sempat menjadi kantor pusat PJKA atau yang sekarang dikenal sebagai PT. Kereta Api Indonesia.

Kampung Pelangi

Selepas puas berkeliling Lawang Sewu, kamu bisa ke Kampung Pelangi yang letaknya tidak jauh dari Lawang Sewu. Di Kampung Pelangi, kamu bisa puas berfoto dengan latar belakang bangunan yang memiliki warna-warni cerah.

Tidak hanya itu, pada beberapa bagian terdapat spot-spot foto keren dan mural keren yang menghiasi kampung pelangi. Kampung Pelangi dulunya hanyalah perumahan warga yang kurang tertata, namun di revitalisasi Pemerintah Kota Semarang sehingga tampak keren.

Klenteng Sam Poo Kong

Sam Poo Kong merupakan sebuah tempat bersejarah untuk mengenang Laksamana Cheng Ho yang sempat berlabuh di Utara Jawa. Karena tempatnya yang terbuka, waktu terbaik untuk mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong adalah pada sore hari, saat matahari sudah tidak terlalu terik. Objek wisata Sam Poo Kong berlokasi di Jalan Simongan Raya No. 129.

sam-po-kongKlenteng Sam Poo Kong terbagi manjadi empat klenteng yaitu Kelenteng Dewa Bumi, Kelenteng Juru Mudi, Kelenteng Sam Poo Tay Djien, dan Kelenteng Kyai Jangkar.

Jika datang pada malam akhir pekan, biasanya terdapat aneka jajanan dan kuliner keren yang bisa dinikmati di tengah suasana Klenteng Sam Poo Kong yang megah.

Selain tiga tempat wisata di atas tadi, masih banyak objek wisata di Semarang dan sekitarnya yang bisa kamu kunjungi, misalnya Rawa Pening

Trans Semarang

Trans Semarang (Bus Rapid Transit Trans Semarang) adalah penyedia transportasi umum di Semarang yang mengoperasikan Bis rute sejak 2009. Trans Semarang memiliki 8 Bis rute di Semarang dengan 263 Bis pemberhentian.

Bis rute mereka mencakup area dari Utara (Kota Semarang) dengan satu pemberhentian di Pelabuhan ke Selatan (Semarang) dengan satu pemberhentian di Alun Alun Sisemut. Pemberhentian paling barat mereka adalah Terminal Mangkang (Kota Semarang) dan pemberhentian paling timur adalah Terminal Penggaron (Demak).

Dengan menggunakan Trans Semarang kamu bisa menjelajahi kota Semarang dengan lebih murah.

 

Logo