Mau Liburan ke Jakarta? Jangan Lupa Bawa Ini

Sebelum berangkat liburan atau traveling, penting untuk melakukan persiapan atau packing agar segala barang yang diperlukan dan kamu rasa penting tidak tertinggal. Tentunya setiap kota yang ingin dikunjungi memiliki karakteristik yang berbeda, baik cuacanya, kondisi lingkungannya, dan lain-lain sehingga kamu harus menyesuaikan barang-barang yang ingin dibawa, begitu juga kalau kamu ingin liburan ke Jakarta.

Jakarta, ibukota negara kita yang terkenal dengan kemacetan dan tingginya polusi udara karena pembangunan, dan asap kendaraan. Apabila kamu berencana untuk liburan ke Jakarta, setelah kamu memesan tiket pesawat / kereta  dan juga sudah memesan hotel murah di Jakarta, maka sekarang waktunya untuk packing bersiap-siap, jangan lupa untuk membawa barang-barang berikut ini:

 

Kaos bahan katun

Jakarta cenderung panas ketika musim kemarau, dan kamu pasti akan banyak berkeringat apabila beraktivitas di udara terbuka. Agar kamu tidak kepanasan dan tetap nyaman, sebaiknya kenakan kaos berbahan katun tipis yang mudah menyerap keringat, lupakan sweater atau jaket.

Tidak ada salahnya juga kamu menyiapkan kaos cadangan dan handuk mungil di dalam tas, sebagai antisipasi apabila keringat berlebih. Apalagi kalau berencana liburan ke Jakarta seharian di udara terbuka, ini agar kamu terlepas dari badan lengket akibat keringat.

Air Minum

Banyaknya aktivitas waktu berjalan-jalan berkeliling ibu kota akan membuat kamu mudah haus. Inilah mengapa kamu perlu membawa air mineral agar tidak dehidrasi. Tidak perlu banyak-banyak, cukup satu botol saja, dan apabila habis kamu bisa membelinya lagi di minimarket yang banyak tersedia.

Tisu Basah dan Kering

Kamu akan membutuhkan benda ini, di mana saja, kapan saja, terlebih jika sedang berliburan. Tisu memberikan banyak manfaat, seperti pengganti air untuk membersihkan tangan dari kuman, mengelap keringat, dan membersihkan noda yang menempel pada pakaian maupun anggota tubuh.

Oleh karena ketika liburan ke Jakarta, kamu lebih banyak beraktivitas di luar ruangan, membawa tisu kering dan basah bisa menjadi solusi yang tepat. Setidaknya, sediakan satu pak tisu kering dan basah di dalam tas. Jika ternyata kamu lupa, segera beli di gerai minimarket terdekat.

Handphone

Kemajuan teknologi membuat handphone menjadi benda yang begitu penting untuk selalu dibawa ke mana saja, terlebih ketika kamu sedang bepergian jauh dari keluarga atau sanak keluarga lainnya.

Aplikasi-aplikasi khusus liburan yang ada dalam smartphone akan membantu liburan ke Jakarta kamu menemukan rute terbaik agar tidak tersesat, mencari tahu rekomendasi restoran atau tempat liburan keren, dan sebagai alat komunikasi di mana pun dan kapan pun sebagai antisipasi jika kamu mengalami hal-hal yang tak diinginkan.

Baca juga: Tips smart menggunakan smartphone saat liburan

Kamera

Liburan kamu tak akan sempurna tanpa membawa benda satu ini. Ya, kamera memang benda paling penting setelah ponsel yang harus selalu dibawa setiap kali bepergian. Memang, kamera pada ponsel hampir sama bersihnya dalam menghasilkan gambar, tetapi kualitasnya masih lebih baik kamera SLR atau DSLR. Namun, pastikan kamu menjaganya dengan aman agar terhindar dari pencurian.

Kalau kamu tidak mau repot dan memiliki smartphone dengan kualitas kamera yang bagus, kamu bisa baca artikel ini: Cara mudah bikin foto liburan yang bagus dengan smartphone.

Uang elektronik / e-money

Apabila kamu berencana liburan ke Jakarta dan berkeliling dengan transportasi umum, apakah itu naik busway atau KRL, maka kamu perlu menyiapkan uang elektronik / e-money karena mereka tidak menerima pembayaran dengan uang cash.

Uang elektronik memiliki nilai uang tersimpan (stored-value) atau prabayar (prepaid)  dalam sebuah kartu. Untuk menggunakannya, kamu tinggal men-tap kartu e-money kamu dan nilai uang dalam e-money akan berkurang pada saat kamu menggunakannya untuk pembayaran.

Keuntungan menggunakan e-money:

  • Transaksi lebih cepat dan praktis, tidak perlu membawa uang tunai.
  • Tidak lagi menerima uang kembalian dalam bentuk nilai kecil (receh).
liburan-ke-jakarta-dengan-uang-elektronik

Contoh uang elektronik / e-money (Bank Indonesia)

 

Logo