10 Objek Wisata di Korea Terpopuler 2018

Berlibur ke Korea Selatan adalah pengalaman yang sangat menyenangkan. Namun dengan begitu banyak tempat untuk dikunjungi, merencanakan perjalanan ke Korea bisa jadi membingungkan. Untuk membantumu memutuskan ke mana harus pergi, Organisasi Pariwisata Korea (KTO) telah membuat daftar 10 objek wisata di Korea yang paling diminati selama 2018. Tempat-tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi, terutama bagi kamu yang baru pertama kali ke Korea.

1

Istana Gyeongbokgung

Istana Gyeongbokgung yang luas adalah istana pertama yang dibangun selama Dinasti Joseon. Istana ini menjadi tempat tinggal resmi utama keluarga kerajaan selama Dinasti Joseon dan merupakan satu-satunya istana yang keempat gerbang utamanya masih ada hingga hari ini.

Di sini kamu bisa berkeliling area istana, menikmati arsitektur bangunan yang unik dan telah melalui beberapa kali proses renovasi. Kamu juga bisa menyaksikan upacara pergantian pengawal kerajaan yang diadakan di Gerbang Gwanghwamun . Istana Gyeongbokgung juga sesekali menawarkan kunjungan malam khusus, di mana kamu dapat menikmati suasana malam di halaman istana.

  • Alamat: 161, Sajik-ro, Jongno-gu, Seoul (서울특별시 종로구 사직로 161)
  • Petunjuk arah: Jalan kaki sekitar 5 menit dari Stasiun Gyeongbokgung (Jalur 3 Subway Seoul), Pintu Keluar 5
  • Jam operasional: November-Februari 09:00-17:00 / Maret-Mei, September-Oktober 09:00-18:00 / Juni-Agustus 09:00-18:30 (Kunjungan terakhir 1 jam sebelum tutup)
  • Tutup hari Selasa

 

2

Menara Namsan Seoul

Menara ini adalah landmark paling populer di Seoul, dan terkenal dengan pemandangan malam kota yang indah.  Menara Namsan Seoul merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi, terutama bagi kamu penggemar drama Korea, karena menara yang terletak di puncak Gunung Namsan ini ditampilkan dalam drama seperti “My Love From the Star (2013)” dan “Legend of the Blue Sea (2016).”

Di sini kamu tidak hanya dapat melihat pemandangan kota dari dek observasi, tetapi juga terdapat berbagai kafe dan restoran di antara fasilitas lainnya, tempat kamu bersantai menikmati secangkir kopi bersama teman sambil menikmati pemandangan malam yang indah.

  • Alamat: 105, Namsangongwon-gil, Yongsan-gu, Seoul (서울특별시 용산구 남산공원길 105)
  • Transportasi umum: Stasiun Chungmuro (Jalur 3, 4, Subway Seoul), Pintu Keluar 2 → Dari Stasiun Chungmuro Pintu Keluar 2•Halte Teater Daehan, naik bus Sirkulasi Namsan No. 02 ke Halte Menara Namsan Seoul
  • Kereta Gantung Namsan (Loket tiket): Jalan kaki sekitar 10 menit dari Stasiun Myeong-dong (Jalur 4 Subway Seoul), Pintu Keluar 3 (Alamat: 83, Sopa-ro, Jung-gu, Seoul / 서울특별시 중구 소파로 83)
  • Jam operasional (Observatorium): Minggu-Jumat 10:00-23:00 / Sabtu 10:00-24:00

 

3

Lotte World

Untuk kamu yang mencari taman bermain tempat , kamu harus mengunjungi Lotte World yang penuh dengan cara dan pertunjukan yang dinamis. Taman ini terletak di pusat kota Seoul sehingga mudah diakses dengan transportasi umum. Lotte World buka sepanjang tahun dan secara garis besar dibagi menjadi dua area: Adventure terletak di dalam ruangan, dan Magic Island di luar.

Banyak wahana yang bisa kamu naiki disini , termasuk komidi putar, kapal bajak laut Spanyol, flume ride dan banyak lagi, sementara Magic Island memiliki wahana raksasa seperti Gyro Drop dan Gyro Spin. Di dekat taman hiburan terdapat Lotte World Tower Seoul Sky dan Lotte World Shopping Mall.

  • Alamat: 240, Olympic-ro, Songpa-gu, Seoul (서울특별시 송파구 올림픽로 240)
  • Petunjuk arah: Jalan kaki sekitar 5 menit dari Stasiun Jamsil (Jalur 2, 8 Subway Seoul), Pintu Keluar 4
  • Jam operasional: Senin-Kamis 09:30-22:00 / Jumat-Minggu 09:30-23:00

 

4

Desa Hanok Bukchon

Sebagai lingkungan tempat kerabat keluarga kerajaan tinggal pada masanya, maka Hanok alias rumah tradisional Korea di Desa Hanok Bukchon sangat megah. Untuk memaksimalkan kunjungan ke sini, kamu disarankan untuk menyewa pakaian tradisional hanbok supaya dapat merasakan suasana tradisional Korea, sekaligus foto-foto.

  • Alamat: 37, Gyedong-gil, Jongno-gu, Seoul (서울특별시 종로구 계동길 37)
  • Petunjuk arah: Jalan kaki sekitar 10 menit dari Stasiun Anguk (Jalur 3 Subway Seoul), Pintu Keluar 2

 

5

Pulau Nami

Pulau Nami menjadi populer setelah muncul dalam drama Korea “Winter Sonata (2002).” Awalnya hanya sebuah puncak bukit, Pulau Nami menjadi sebuah pulau dengan pembangunan Bendungan Cheongpyeong, yang meningkatkan ketinggian air di sekitarnya. Pulau ini agak kecil, memungkinkan pengunjung untuk menyelesaikan wisata dalam waktu setengah hari. Kamu bisa mengikuti paket tour ke Pulau Nami yang berangkat setiap hari dari Seoul.

  • Alamat: 1, Namiseom-gil, Namsan-myeon, Chuncheon-si, Gangwon-do (강원도 춘천시 남산면 남이섬길 1)
  • Petunjuk arah (Dermaga Namiseom): Naik taksi sekitar 10 menit dari Stasiun Gapyeong
  • Pulau Namiseom dapat dicapai dengan ferry dari Dermaga Namiseom (buka sepanjang tahun)
  • Jam operasional (Ferry Namiseom): 07:30-21:40

 

6

Istana Changdeokgung

Istana Changdeokgung di Seoul, yang dibangun pada periode Joseon awal, merupakan tempat yang paling sering ditinggali anggota kerajaan. Istana yang megah ini telah terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1997.

Setiap bangunan didirikan dengan pertimbangan fitur geografis dan lingkungan di daerah tersebut. Khususnya keindahan paviliun, kolam, dan formasi batuan istana yang serasi, menjadi pemandangan yang sayang dilewatkan.

  • Alamat: 99, Yulgok-ro, Jongno-gu, Seoul (서울특별시 종로구 율곡로 99)
  • Petunjuk arah: Jalan kaki sekitar 5 menit dari Stasiun Anguk (Jalur 3 Subway Seoul), Pintu Keluar 3
  • Jam operasional
  • Istana: Februari-Mei∙September-Oktober 09:00-18:00 / Juni-Agustus 09:00-18:30 / November-Januari 09:00-17:30 (Kunjungan terakhir 1 jam sebelum tutup)
  • Huwon (Taman rahasia): Maret-Mei∙September-Oktober 10:00-17:30 / Juni-Agustus 10:00-20:00 / Februari∙November 10:00-17:00 / Desember∙Januari 10:00-16:30

 

7

Insa-dong

Insa-dong sering dijuluki Jalan Budaya Tradisional Korea. Jalan utamanya dipenuhi dengan toko-toko yang menjual berbagai kerajinan dan suvenir tradisional Korea. Sementara di jalan-jalan kecilnya berjejer restoran serta kafe yang menyajikan makanan dan teh tradisional Korea.

Kalau kamu berkunjung ke Insa-dong, jangan lewatkan untuk mampir ke Ssamzigil yang memiliki struktur bangunan Ssamzigil yang sangat unik karena dibangun dalam bentuk persegi simbolis dari salah satu huruf Korea.

Di dalamnya kamu bisa berbelanja di galeri seni, toko yang menjual kerajinan tangan tradisional, perabotan, dan masih banyak lagi.

  • Alamat: 62, Insadong-gil, Jongno-gu, Seoul (서울특별시 종로구 인사동길 62)
  • Petunjuk arah (Ssamzigil): Jalan kaki sekitar 5 menit dari Stasiun Anguk Station (Jalur 3 Subway Seoul), Pintu Keluar 6

 

8

Hongdae

Hongdae adalah pusat budaya penuh energi anak muda. Jalan-jalannya diisi oleh deretan kafe, restoran dan bar. Belakangan Hongdae makin populer karena adanya Taman Hutan Gyeongui, yang menyediakan jalur pejalan kaki dan toko-toko unik. Trick Eye Museum dan KT&G Sangsangmadang juga berada di area ini.

 

9

Myeongdong

Area Myeong-dong merupakan distrik mode dan perbelanjaan di Seoul, dipenuhi dengan makanan jalanan yang unik dan banyak hal untuk dilihat!  Myeong-dong yang artinya “Jalan Kecantikan” membentang sekitar 1 kilometer dari Stasiun Myeong-dong (Jalur 4 Subway Seoul) ke Eulji-ro Avenue dan Lotte Department Store. Jalan-jalan dipenuhi dengan department store, toko kosmetik, toko duty free (bebas bea), dan berbagai toko bermerek.

objek-wisata-di-korea

Wisata belanja di Myeongdong

Selain belanja, kamu juga bisa menjajal aneka makanan khas Korea di daerah ini karena banyak kuliner terkenal yang dapat kamu cicipi di Myeongdong.

  • Alamat: Myeongdong-gil, Jung-gu, Seoul (서울특별시 중구 명동길)
  • Petunjuk arah: Jalan kaki sekitar 5 menit dari Stasiun Myeong-dong (Jalur 4 Subway Seoul), Pintu Keluar 7 atau Stasiun Euljiro 1(il)-ga (Jalur 3 Subway Seoul), Pintu Keluar 6

 

10

The Garden of Morning Calm

Keindahan asli alam Korea dapat kamu nikmati di The Garden of Morning Calm. Disini ada berbagai taman dengan tema masing-masing yang unik, termasuk hutan pinus yang rimbun. Setiap taman terhubung dengan petak bunga dan padang rumput hijau, atau jalan setapak lainnya. The Garden of Morning Calm adalah tempat wisata yang sangat populer, terutama di kalangan penggemar drama korea, karena berfungsi sebagai tempat syuting untuk beberapa drama, film, dan program Korea.

  • Alamat: 432, Sumokwon-ro, Sang-myeon, Gapyeong-gun, Gyeonggi-do (경기도 가평군 상면 수목원로 432)
  • Petunjuk arah: Naik Bus Gapyeong City Tour dari Stasiun Cheongpyeong (Jalur Gyeongchun) atau Terminal Bus Cheongpyeong.
Logo