Pesona Tempat Wisata di Bukittinggi

Bukittinggi, yang juga sebagai kota terbesar kedua di Sumatera Barat setelah kota Padang, dikenal sebagai salah satu kota terbaik sebagai tujuan liburan saat ini. Kota Bukittinggi juga terkenal dengan kota wisata berhawa sejuk, sehingga dijuluki sebagai Paris van Sumatera oleh Belanda. Ada banyak tempat wisata di Bukittinggi yang menarik untuk dikunjungi, wisata alam diantaranya adalah sebagai berikut:

 

Danau Maninjau

Selain memiliki wisata gunung dan pantai, di Sumatera Barat ternyata juga terdapat danau yang memesona, yang belum banyak diketahui oleh wisatawan nusantara, Danau Maninjau namanya. Danau yang berlokasi sekitar 36 kilometer dari Bukittinggi dan berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut ini sebetulnya adalah sebuah kaldera letusan besar gunung api Sitinjau, terbukti dari bentuk bukit sekeliling danau yang mirip sebuah dinding.

Ada legenda cerita rakyat di balik sejarah terbentuknya Danau Maninjau. Menurut legenda setempat, dikisahkan ada seorang gadis dan kekasihnya yang melompat ke Kawah Sitinjau untuk membuktikan kesucian cinta mereka berdua, kepada ke-9 kakaknya yang tidak merestui cinta mereka. Setelah mereka berdua melompat ke kawah, Gunung Sintinjau pun meletus dan terbentuklah Danau Maninjau.

Panorama alam Danau Maninjau ini sangat indah dari kejauhan. kamu bisa berenang, bersantai di restoran, dan menginap di penginapan di sekitar danau dengan pemandangan yang bagus.

 

Ngarai Sianok

Ngarai Sianok  diyakini merupakan patahan yang terbentuk dari pergerakan lempeng bumi tektonik di Pulau Sumatera. Ngarai Sianok yang juga sering disebut sebagai Lembah Pendiam, memiliki kedalaman lembah hingga 100 meter dengan lebar celah sekitar 200 meter. Pemandangan di sekitar Ngarai Sianok sangat indah, tenang dan damai.

Di sini kamu bisa menikmati udara sejuk dan angin semilir, dengan suara kicauan burung dan gemericik air sungai. dan kamu bisa mendapati deretan tebing  Batang Masang dengan sungai kecil di tengah, yang menjadi simbol utama Ngarai Sianok. Langit biru yang cerah dan tebing yang menjulang bisa  membuat kamu betah berlama-lama di sini.

 

Lobang Jepang

Bunker Jepang atau yang lebih dikenal dengan nama Lobang Jepang merupakan salah satu tujuan wisata terkenal di Sumatera Barat. Bunker bawah tanah dengan panjang hampir 1.5 km dan terletak 40 meter di bawah Ngarai Sianok dahulu dibangun oleh orang-orang Indonesia melalui kerja paksa di bawah tekanan tentara Jepang yang berkuasa antara tahun 1942 – 1945.

Lobang Jepang ini dulunya dipersiapkan  sebagai tempat untuk menyimpan amunisi, ruang tahanan dan ruang penyiksaan bagi para tahanan perang. Selain itu juga dilengkapi dengan ruang pertemuan, dapur, ruang sidang, rruang mata-mata, ruang penyergapan, dan pintu gerbang untuk melarikan diri. Terowongan ini berdinding sangat tebal, sehingga suara dari luar tidak dapat terdengar. Ada 6 buah pintu masuk, satu pintu terletak di Taman Panorama, sementara yang lain di jalan menuju Ngarai Sianok.

lobang-jepang-bukittinggi

Salah satu ruangan di Lobang Jepang Bukittinggi

Transportasi ke Bukittinggi

Tidak ada bandar udara di kota Bukittingi, sehingga bagi kamu yang ingin berkunjung ke Bukittinggi dapat menumpang pesawat menuju kota Padang dan melanjutkan perjalanan ke Bukittinggi melalui jalur darat. Berjarak sekitar 75 km dari kota Padang, perjalanan ke Bukittinggi dapat ditempuh dalam waktu 2.5 – 3 jam. Kamu dapat memilih rute jalur Lintas Barat atau melalui Pariaman.

rute-jalur-padang-bukittinggi

Rute jalur darat Padang – Bukittinggi

 

 

 

 

 

 

Hotel di Bukittinggi

Ada cukup banyak hotel yang nyaman di Bukittinggi, diantaranya adalah:

Daftar selengkapnya hotel di Bukittinggi, klik disini.

Logo