Kenali Aneka Pilihan Transportasi di Bangkok

Punya rencana untuk mengunjungi Bangkok? Dari seluruh kota yang ada di Asia, khususnya Asia Tenggara, Bangkok memang punya segudang magnet wisata yang bisa menarik wisatawan internasional untuk datang mengunjunginya. Di Bangkok kamu bisa menemukan segudang tempat wisata, mulai dari wisata sejarah seperti kuil dan istana hingga wisata modern, wisata alam hingga wisata malam (nightclub dan teater show), pasar tradisional sampai butik papan atas. Belum lagi di Bangkok kamu bisa menjumpai tujuan wisata kuliner dengan aneka makanan variasi makanan, dengan harga yang terjangkau. Dengan semua alasan itu maka tidak heran kalau Bangkok akhirnya dikenal sebagai salah satu destinasi wisata utama di Asia.

Tertarik untuk menjelajah Bangkok? Jika kamu baru pertama kali, simak informasi berikut tentang aneka pilihan transportasi di Bangkok.

Terdapat dua bandara di Bangkok yang dapat menjadi pintu masuk bagi kamu yang akan mengunjungi Bangkok melalui udara, yaitu Don Mueang Airport (DMK) dan Suvarnabhumi Airport (BKK).

1

Don Mueang Airport (DMK)

Don Mueang Aiport dibuka sejak Maret 1914, dan pada 28 September 2006, fungsinya sebagai bandara utama di Bangkok digantikan oleh Suvarnabhumi Airport. Namun demikian Don Mueang airport dibuka kembali pada Maret 2007 untuk beberapa rute domestik, dan rute internasional AirAsia.

Pilihan transportasi yang tersedia di Don Mueang adalah:

2

Suvarnabhumi Airport (BKK)

Suvarnabhumi (dibaca: su-wan-na-poom) Airport adalah bandara baru di Bangkok menggantikan DMK melayani regular airlines seperti Garuda Indonesia, dan pesawat lainnya. Terletak di Racha Thewa di Bang Phli district, 30 kilometer arah timur kota Bangkok. Sebagai bandara internasional yang modern, ada banyak mode transportasi yang dapat kamu pilih, seperti:

  • Taksi
  • Bus
  • Kereta
  • Sewa mobil

Cara pesan taksi di Suvarnabhumi Airport:

  • Kamu bisa memesan taksi di Lantai Dasar Area Kedatangan, dekat pintu 3,4,7, dan 8
  • Kamu akan menerima tiket nomor antrian, dan kamu dapat menunggu antrian di jalur yang tertera di tiket kamu.
  • Ongkos yang dibayar: Ongkos sesuai argo + 50 Baht airport surcharge + tarif toll

Cara naik bus dari Suvarnabhumi Airport:

  • Kalau kamu ingin menggunakan bus sebagai pilihan transportasi di Bangkok, pertama kamu harus naik free shuttle bus ke Bus Terminal Suvarnabhumi Airport.
  • Dari Bus Terminal ini kamu dapat memilih beberapa rute:
    • Bus Number 549 – Suvarnabhumi Airport – Minburi
    • Bus Number 550 – Suvarnabhumi Airport – Happy Land
    • Bus Number 551 – Suvarnabhumi Airport – Victory Monument (Expressway)
    • Bus Number 552 – Suvarnabhumi Airport – On Nut BTS station
    • Bus Number 553 – Suvarnabhumi Airport – Samut Prakan
    • Bus Number 554 – Suvarnabhumi Airport – Don Muang Airport (Expressway)
    • Bus Number 555 – Suvarnabhumi – Rangsit (Expressway)
    • Bus Number 556 – Suvarnbhumi – Southern Bus Terminal (Expressway)
    • Bus Number 557 – Suvarnabhumi – Wongwien Yai
    • Bus Number 558 – Suvarnabhumi – Central Rama 2
    • Bus Number 559 – Suvarnabhumi – Future Park Rangsit

Bangkok Airport Rail Link (ARL)

transportasi-di-bangkok-airport-rail-link

Bangkok Airport Rail Link (Image by nuttanart on Pixabay)

Bangkok Airport Rail Link adalah kereta komuter yang menghubungkan Suvarnabhumi Airport dengan Phaya Thai (BTS) stasiun melalui Makkasan Station (MRT Phetchaburi). Dari sini kamu bisa melanjutkan perjalanan ke penjuru Bangkok dengan menggunakan BTS atau MRT. Airport Rail Link beroperasi setiap hari dari jam 06:00 sampai 24:00, berangkat setiap 10 menit pada jam sibuk (06:00-09:00 and 16:00-20:00) dan 15 menit sekali di luar jam sibuk dan akhir pekan.

Naik Airport Rail Link dari Suvarnabhumi adalah pilihan transportasi di Bangkok yang tepat untuk dipilih karena kamu dapat terhindar dari kemacetan kota Bangkok yang parah, terutama di jam-jam sibuk.

Harga tiket Airport Rail Link Bangkok ke Phayathai Station(BTS – skytrain interchange) adalah 45 Baht. Kalau kamu mau lebih murah, kamu bisa membelinya secara online, melalui link ini. Jadi hemat kan?

Baca juga:

 

Cara sewa mobil dari Suvarnabhumi Airport:

Kalau kamu pergi berombongan dan membawa barang bawaan yang banyak, mungkin akan lebih nyaman menyewa mobil sebagai pilihan transportasi di Bangkok. Dengan menyewa mobil, kamu tidak terikat jadwal dan lebih aman. Biasanya saat pesawatmu mendarat, driver sudah menunggu di gerbang kedatangan dengan membawa name-sign, sehingga kamu jadi hemat waktu dan perjalanan jadi lebih nyaman.

Kami menyarankan agar kamu melakukan pemesanan penjemputan beberapa hari sebelumnya untuk memastikan ketersediaan armada, terutama pada masa-masa liburan. Di jaman sekarang ini, pemesanan sewa mobil di Bangkok online dapat dilakukan secara mudah. Kamu bisa memilih apakah ingin menggunakan sedan, MPV, atau mini van. Kamu hanya perlu mencantumkan detail informasi tentang jadwal kedatangan kamu.

Demikian informasi mengenai pilihan transportasi di Bangkok, semoga membantu rencana liburan kamu.

Logo