Cara Praktis Berhemat Untuk Perjalanan Bisnis Anda

Cara Praktis Berhemat Untuk Perjalanan Bisnis Anda

29 July 2017

Dalam pekerjaan anda, ada saat Anda dimana diberi kesempatan atas tugas untuk bepergian. Atau kadang untuk anda yang berwirausaha, seringkali harus bepergian untuk menemui klien / partner di kota / negara lain. Perjalanan ini, betapapun berharganya, bisa sangat mahal, tentu saja: Dari tiket pesawat, transportasi dan akomodasi hingga biaya makan.

Dengan beberapa tips sederhana ini anda dapat berhemat untuk perjalanan anda.

 

Pesawat atau Kereta?

Naik pesawat seringkali menjadi pilihan yang efisien karena dapat menghemat waktu anda. Namun, apabila anda tidak memiliki kendala waktu, anda dapat memilih opsi transportasi lainnya yang lebih murah, seperti naik kereta api, atau membawa mobil sendiri (apabila memungkinan). Hal ini bisa membuat perjalanan anda menjadi lebih hemat, apalagi apabila anda bepergian dengan beberapa orang.

Hotel atau Rumah?

Pilih tempat menginap yang efisien, dekat dengan tempat rencana aktivitas anda, denan demikian anda bisa menghemat ongkos transport. Saat ini banyak orang yang menyediakan rumah / apartemen untuk disewakan. Anda bisa mencarinya di  Airbnb untuk menemukan akomodasi yang lebih murah dari hotel. Cek selalu rating / komentar penyewa sebelumnya agar lebih aman.

Apabila anda masih lebih senang tinggal di hotel, gunakan Agoda untuk mendapatkan harga hotel terbaik.

Sewa mobil atau Uber?

Apabila anda bepergian ke kota dengan transportasi umum yang memadai, seperti Singapore, tidak ada alasan untuk tidak menggunakan transportasi umum untuk aktivitas anda. Hal ini akan sangat menghemat biaya anda.

Atau manfaatkan juga aplikasi berbasis ride-sharing seperti Uber, Grab atau Go-Jek yang menawarkan pilihan transportasi yang lebih ekonomis untuk aktivitas perjalanan dinas anda. Didukung promo-promo yang sering diadakan membuat tarifnya jauh lebih murah daripada taksi atau sewa mobil sekalipun.

Restoran atau Mini market?

Biaya makan minum selama anda bepergian seringkali membuat biaya menjadi bengkak. Beberapa tips ini anda bisa buat anda berhemat.

Hindari makan minum di bandara, karena seringkali biayanya lebih mahal daripada di tempat lain. Bawa botol minum kosong, dan setelah anda melewati pemeriksaan bagasi, isi dengan keran air minum yang tersedia gratis di banyak bandara.

Setibanya di tempat tujuan cari toko kelontong atau minimarket. Inilah salah satu cara terbesar untuk menghemat uang dalam perjalanan anda. Belilah makanan yang cukup untuk bertahan beberapa hari selama perjalanan anda. Mengingat ini adalah business trip, lupakan niatan untuk makan-makan di restoran yang mahal. Akan ada kesempatan lain untuk pengalaman bersantap yang mengesankan itu.

 

Demikianlah beberapa tips untuk menghemat perjalanan bisnis anda, semoga bermanfaat.