WOW0821240209BLCLJLLLML

Inilah Alasan Mengapa Traveling Adalah Guru Kehidupan Yang Terbaik

Jalan-jalan (traveling) adalah guru kehidupan yang terbaik bagi kita: Traveling dapat memperluas pikiran kita, mengembangkan empati budaya dan memberikan kita pemahaman yang lebih baik akan dunia. Hal yang sama juga dapat kita berikan kepada anak-anak kita saat traveling bersama. Kita percaya pengalaman ini tidak hanya meningkatkan keterampilan sosial mereka tetapi merupakan kunci untuk membantu mereka menjadi warga dunia yang lebih baik.

Tidak hanya itu, banyak pelajaran praktikal yang didapat anak-anak kita ketika traveling, berikut diantaranya:

 

Belajar prioritas dan berkemas

Ketika akan traveling dalam waktu yang terbatas, kadang sulit untuk menentukan barang mana yang harus dibawa atau tidak. Apakah mainan ini harus dibawa? Ajarkan anak anda untuk berkemas untuk koper mereka sendiri. Membiarkan anak anda untuk packing barang bawaan mereka sendiri mengajarkan mereka untuk bertanggung jawab akan prioritas dan kemampuan 'survival' mereka, paling tidak saat liburan nanti.

 

Belajar menentukan arah dan membaca peta


belajar baca petaKemampuan untuk menentukan arah dan membaca peta juga perlu kita ajarkan kepada anak-anak kita. Dan ketika traveling semuanya itu dapat diajarkan secara alamiah. Anda dapat mengajak anak anda untuk menentukan cara menuju suatu tempat wisata, dan biarkan mereka yang memimpin. Mereka mungkin pada awalnya akan sedikit ragu, dan tersesat, tapi setelah berkali-kali berlatih, akhirnya akan mahir juga.

 

Belajar negosiasi harga, tawar-menawar

Ketika kita berpergian ke pasar tradisional untuk membeli oleh-oleh misalnya, anak anda dapat diajarkan untuk tawar menawar dengan pedagang. Ajarkan mereka konsep mata uang dan mengapa harus menawar harga. Tentunya dengan tetap memperhatikan adab sopan santun ketika menawar harga.

Tanpa kita sadari keahlian negosiasi ini akan sangat bermanfaat bagi anak-anak di masa dewasa nanti, diplomasi dan negosiasi kontrak adalah salah satu contoh kecil saja.

 

Belajar mata uang negara lain

Anak anda akan belajar matematika lebih cepat ketika traveling. Ajarkan mereka berhitung berapa harga yang harus dibayarkan untuk barang yang mereka inginkan.

 

Belajar bahasa asing

Kesempatan terbaik untuk belajar bahasa asing adalah ketika kita berada di tengah lingkungan bahasa asing tersebut. Ajarkan anak-anak anda ucapan-ucapan sederhana seperti "terima kasih", atau "halo" dalam bahasa setempat. Perlu juga ajarkan anak-anak anda cara bahasa isyarat untuk menyampaikan sesuatu.

 

Belajar menghargai perbedaan

Ketika traveling kita akan menjumpai banyak hal yang berbeda dari lingkungan dimana kita berasal. Makanan yang berbeda, cara bicara, sampai kebiasaan-kebiasaan setempat yang mungkin buat kita terasa asing. Ajak anak anda untuk mencicipi aneka makanan setempat agar mereka tahu akan keragaman budaya makanan dunia. Juga ajak mereka untuk melihat dan mempelajari kebiasaan-kebiasaan setempat. Dengan demikian anak-anak kita akan tumbuh menjadi pribadi yang toleran, dan dapat menghargai perbedaan.

 

Belajar sabar, expected unexpected


sabar ya nakBanyak hal yang dapat terjadi ketika traveling, dan tidak selalu segala sesuatunya berjalan sesuai rencana. Jadwal pesawat yang delay, macet di perjalanan, cuaca yang tidak bersahabat mungkin dapat mengganggu rencana perjalanan kita. Ajarkan anak-anak kita bahwa tidak selalu apa yang kita inginkan dapat terlaksana, dan ajarkan mereka untuk dapat menghadapi situasi seperti itu. Juga ajak mereka untuk mendiskusikan rencana cadangan apabila kita sampai harus batal mengunjungi suatu tempat.

 

Itulah beberapa hal yang dapat dipelajari dari anak-anak kita ketika berlibur. So, waktunya berkemas dan berlibur sekarang ...



Older Post Newer Post


0 comments


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Added to cart!