fbpx

Inilah Cara Melindungi Data Pribadi Saat Liburan

Inilah Cara Melindungi Data Pribadi Saat Liburan

Liburan adalah saat yang ditunggu tunggu untuk bisa sedikit lepas dari rutinitas sehari-hari dan biasanya saat liburan kita mengunjungi tempat-tempat baru dan asing, yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya. Kemana pun tujuan liburan kamu, sebaiknya kamu tetap waspada akan kemungkinan pencurian data pribadi yang bisa terjadi kapan saja. Itulah mengapa kamu perlu tahu tips praktis agar data pribadi kamu tetap aman, saat berpergian.

 

Nggak perlu? Nggak usah dibawa …

Ilmu yang paling dasar: Bawa yang penting-penting saja. Kalau kamu memang tidak memerlukan laptop kerja kamu saat liburan, maka tinggalkan saja di rumah dan kamu tidak mungkin kehilangan laptop saat liburan. As simple as that … 🙂 Namun di jaman serba gadget saat ini, dan kamu rasanya tidak mungkin tidak membawa gadget. maka  kamu mungkin bisa mempertimbangkan membeli tablet atau laptop yang lebih murah, yang hanya berisi file-file hiburan, seperti music atau film untuk menemani perjalanan kamu.

Akan tetapi kalau memang kamu harus membawa laptop kerja kamu, sebisa mungkin hapus file-file pribadi kamu, seperti misalnya billing statement kartu kredit, laporan keuangan, dll. Tentu saja kamu harus backup terlebih dahulu, sehingga sepulangnya liburan kamu bisa merestore-nya kembali. Hal ini buat jaga-jaga apabila sialnya kamu harus kehilangan laptop kamu saat liburan. Dengan tidak adanya data personal di laptop itu, maka si pencuri tidak akan bisa mengakses apa-apa.

 

Password, password, dan password …

Pastikan gadget yang kamu bawa sudah kamu aktifkan fitur keamanannya. Proteksi dengan password akan mempersulit akses orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Punya iPhone X? Aktifkan face recognition-nya … 🙂

Jangan lupa pastikan juga anti virus dan operating system kamu up to date dengan security patch terakhir. Dengan memiliki anti virus dan operating system yang selalu update membuat kamu memiliki resiko lebih kecil dari ancaman cyber criminal.

Pertimbangkan juga untuk menonaktifkan bluetooth dan wifi yang ada di gadget kamu. Karena ketika bluetooth dan wifi aktif, hacker bisa saja menyadap informasi yang ada di gadget kamu, dan mencuri data-data sensitif.

 

Gunakan VPN saat berinternet

computer lockMenggunakan aplikasi VPN adalah cara terbaik agar data kamu tetap aman. Aplikasi ini perlu kamu gunakan apabila akan mengakses aplikasi yang berisi informasi penting, seperti email kantor atau internet banking.  VPN akan mengkenripsi jalur koneksi data kamu sehingga menyulitkan untuk disadap orang yang tidak bertanggung jawab.  Ada beberapa aplikasi VPN yang dapat kamu gunakan, seperti TotalVPN atau IPVanish.

 

Jangan konek ke hotspot sembarangan

Hati-hati, jangan mudah tergiur oleh tulisan “Free Wifi” yang ada di tempat-tempat umum. Pastikan kamu hanya terhubung ke hotspot yang memang disediakan oleh pengelola. Misalkan kamu sedang di kafe, tanyakan ke staff akan nama hotspot yang dipakai.

Sangat mudah bagi orang yang tidak bertanggung jawab untuk ‘mencuri‘ data kamu dengan membuat hotspot palsu dengan nama yang menarik dan menipu, seolah-olah milik tempat / fasilitas tertentu.

 

Nggak terlalu sulit kan cara melindungi data pribadi agar tetap aman saat liburan? Enjoy your holiday …

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *