WOW0821240209BLCLJLLLML

Jangan Lakukan Ini Ketika Liburan

Aug 11, 2017 0 comments
Jangan Lakukan Ini Ketika Liburan

Liburan adalah kegiatan yang selalu kita tunggu-tunggu untuk melupakan sejenak rutinitas harian kita. Agar liburan anda menjadi lancar dan menyenangkan, hindari lakukan hal-hal berikut ini, atau perjalanan anda akan menjadi mengecewakan dan buang-buang uang percuma.

 

Itinerary yang terlalu padat

Bersikaplah fleksibel, banyak hal yang dapat terjadi dalam perjalanan. Pastikan anda tahu berapa lama yang dibutuhkan untuk pergi dari "A" ke "B". Perhitungkan juga kemungkinan delay dan waktu untuk istirahat.

Over packing

Bawa barang seperlunya, dan kalau bisa membelinya di tempat tujuan sebaiknya tidak perlu dibawa. Setelah selesai packing, cek sekali lagi dan keluarkan barang yang akhirnya anda pikir tidak perlu.

Percaya 100% pada Guide Book / Blog

Bergabunglah dengan wisatawan lain atau warga setempat untuk menjelalah. Guidebook mungkin bisa tidak update dengan kondisi terakhir.

Tidak mengatur keuangan dan akhirnya kehabisan uang

Selalu buat budget yang masuk akal untuk rencana perjalanan anda. Perhitungkan semuanya, tiket pesawat, hotel, tiket wisata, makan, oleh-oleh. Tambahkan 15% sebagai biaya tak terduga. Anda tidak mau kan kehabisan uang ketika liburan atau pusing bayar tagihan kartu kredit sepulangnya nanti?

Tidak backup photo dan terpaksa kehilangan dokumentasi

Biasakan backup foto dokumentasi anda secara rutin, setiap malam di hotel misalnya. Anda bisa copy ke laptop / CD, atau upload ke online storage seperti Google Drive. Dokumentasi perjalanan anda menjadi sangat berharga, jangan sampai hilang hanya karena memory card error, virus, atau kecopetan kamera.

Booking connecting flight, dengan waktu transit yang mepet

Apabila anda harus terbang dengan pesawat lanjutan, siapkan jeda waktu paling tidak 2-3 jam diantaranya untuk jaga-jaga kemungkinan gangguan seperti delay, antrian bagasi yang panjang, dll. Pastikan anda juga mengetahui mekanisme pindah pesawat di airport transit tersebut, jarak antar terminal, pengambilan bagasi, dll. Jangan sampai karena waktu transit yang mepet anda jadi ketinggalan pesawat dan tidak jadi liburan.

Tidak re-check dokumen / kode booking

Selalu cek dokumen perjalanan anda terlebih dahulu. Pastikan tiket pesawat, kereta, voucher hotel, dll sudah benar jadwalnya, baik jam dan tanggalnya. Dan jangan lupa, nama anda juga harus tertulis dengan benar di tiket agar tidak ada masalah dalam proses verifikasi.

Tidak membeli asuransi perjalanan

Banyak hal yang dapat terjadi diluar perkiraan kita. Selalu beli asuransi perjalanan, karena dengan biaya yang tidak mahal anda akan terlindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan (bagasi hilang, flight delay, bantuan medis, dll). Jangan lupa teliti polis asuransinya terlebih dahulu, untuk mengetahui apa yang ditanggung, dan apa yang tidak, dan berapa limit pertanggungannya. Simpan selalu contact number asuransi tersebut untuk pelaporan klaim.

Tidak memberitahukan bank atas transaksi luar negeri

Untuk anda yang tidak terlalu sering pergi ke luar negeri, ada baiknya memberitahukan pihak Bank akan rencana kepergian anda tersebut, sehingga mereka menjadi 'aware' akan transaksi yang mungkin anda lakukan beberapa hari ke depan di negara tersebut. Karena alasan keamanan, beberapa Bank biasanya melakukan blokir untuk aktivitas transaksi yang tidak biasanya. Jangan sampai ketika anda mau gesek kartu kredit, ternyata statusnya diblokir, malu kan?

Tidak men-copy dokumen penting

Selalu fotokopi dokumen penting anda seperti KTP, paspor, kartu kredit, polis, dll. Dan simpan di tempat terpisah dengan dompet anda. Atau simpan dalam bentuk digital, yang anda bisa akses dari mana saja. Apabila terjadi kehilangan, copy dokumen tersebut akan sangat membantu proses verifikasi dan pengurusan penerbitannya kembali.

Tukar uang banyak-banyak sebelum pergi

Tidak perlu, karena anda bisa tarik tunai di ATM setibanya disana. Tukar uang secukupnya hanya untuk biaya selama di airport dan menuju hotel. Hal ini akan meminimalkan resiko kecopetan dan membuat anda lebih hemat.

Tiba di airport yang salah

Kota-kota besar di dunia biasanya memiliki beberapa airport, Tokyo misalnya, memiliki bandara Haneda dan Narita. Double check sekali lagi flight booking anda apakah sudah sesuai dengan rencana anda. Apabila anda arrange penjemputan, pastikan juga mereka menjemput di airport yang benar, terminal yang benar.

Tidak mengikuti budaya setempat

Cobalah untuk mengerti dan mengikuti budaya dan aturan setempat dimana anda pergi. Anda akan menjadi lebih dihargai, dan bisa berinteraksi lebih baik dengan warga setempat.

Ekspektasi yang berlebihan

Bersikaplah realistis apabila ada yang tidak berjalan sesuai rencana, tidak ada perjalanan yang sempurna. Jangan terlalu kecewa apabila tempat yang anda kunjungi ternyata tidak seindah yang anda bayangkan, atau beda jauh dengan foto yang terpasang di brosur perjalanan. Kadang foto memang bisa menipu.

 

Demikianlah informasi beberapa hal yang sebaiknya dihindari dalam perjalanan, semoga bermanfaat.



Older Post Newer Post


0 comments


Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published

Added to cart!