Paspor Paling Kuat di Dunia: Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab sekarang memiliki paspor paling kuat di dunia, menurut peringkat baru, dengan warga negaranya dapat melakukan perjalanan ke sejumlah besar negara bebas visa.

Indeks Paspor, yang melacak bagaimana dokumen-dokumen seperti itu dapat digunakan, mengatakan negara Timur Tengah meraih posisi teratas setelah empat negara ditambahkan ke daftar tujuan bebas visa dari 1 Desember 2018.

Ini mengalahkan nomor satu tahun lalu, paspor Singapura, yang kedua bersama dengan Jerman, yang juga di tempat ini pada tahun 2017. Paspor AS naik tiga tempat dari tahun lalu dan ketiga bersama dan Inggris tetap keempat bersama.

Indeks Paspor mendasarkan peringkatnya pada akses lintas batas yang dimiliki pemegang. Ini dikembangkan oleh konsultan global yang berbasis di Kanada, Arton Capital.

Pemegang paspor UEA sekarang dapat melakukan perjalanan ke 167 negara baik tanpa visa sama sekali, atau dapat memiliki satu dikeluarkan pada saat kedatangan.

Ini telah menaikkan peringkat paspor paling kuat di dunia – tahun lalu itu bahkan tidak tampil di sepuluh besar.

Menyambut berita itu, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, pemimpin Dubai, menulis tweet: ‘Selamat kepada UEA dan rakyatnya dan terima kasih banyak kepada tim Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama Internasional.’

Paspor Singapura dan Jerman menawarkan perjalanan bebas visa atau visa saat kedatangan ke 166 negara di seluruh dunia.

Sebelas negara menduduki untuk tempat ketiga dengan warga negara mereka dapat mengakses 165 tujuan tanpa visa. Beserta AS, mereka adalah Denmark, Swedia, Finlandia, Luksemburg, Prancis, Italia, Belanda, Spanyol, Norwegia, dan Korea Selatan.

Hubungan Inggris untuk tempat keempat dengan Belgia, Austria, Jepang, Yunani, Portugal, Swiss, Irlandia dan Kanada di 164 negara.

Pembulatan dari lima besar adalah Republik Ceko dan paspor Hungaria, yang memberikan perjalanan bebas visa ke 163 negara.

Di tempat keenam di 162 negara adalah Malta, Islandia dan Selandia Baru sementara di 161 negara di tempat ketujuh adalah Australia (tidak bergerak), Malaysia, Slovenia, Polandia, Lithuania, Slovakia dan Latvia.

Mereka diikuti oleh Estonia di tempat kedelapan, yang memiliki akses ke 160 negara, Rumania dan Bulgaria (kesembilan) di 158 negara, serta Siprus dan Liechtenstein (10) di 157 negara.

Yang tergolong paspor lemah lainnya termasuk dari Irak (32 negara), Pakistan (35 negara), Suriah (36 negara) dan Somalia (38 negara).

TOP 10 PASPOR PALING KUAT

  1. Uni Emirat Arab
  2. Singapura, Jerman
  3. Denmark, Swedia, Finlandia, Luksemburg, Prancis, Italia, Belanda, Spanyol, Norwegia, Korea Selatan dan Amerika Serikat
  4. Belgia, Austria, Jepang, Yunani, Portugal, Swiss, Irlandia dan Kanada dan Inggris
  5. Republik Ceko dan Hongaria
  6. Malta, Islandia, Selandia Baru
  7. Malaysia, Slovenia, Polandia, Lithuania, Slovakia, Latvia dan Australia
  8. Estonia
  9. Rumania dan Bulgaria
  10. Siprus dan Liechtenstein

Sumber: Indeks Paspor

Tags:

Logo