fbpx

Tips Praktis Untuk Liburan Hemat dan Fun

tips liburan hemat dan fun

Tips Praktis Untuk Liburan Hemat dan Fun

Sebagian orang saat ini menganggap liburan adalah sebuah keharusan. Setiap kali ada tanggal merah, apalagi long weekend, bagi mereka yang menganggap liburan adalah hal penting, pasti akan mencari tempat-tempat liburan yang menyenangkan. Namun ada  juga beberapa orang yang menganggap liburan tidak begitu penting, karena hanya menghabiskan uang dan tidak menghasilkan apapun.

Namun sebenarnya semua orang butuh liburan, tidak hanya anak-anak namun juga orang dewasa. Pada saat liburan kita akan menemukan hal-hal baru dan bisa bersenang-senang, sehingga energi kita akan kembali penuh saat selesai liburan.

Agar liburan menjadi menyenangkan, banyak yang merasa bahwa mereka harus menghabiskan uang yang banyak, pergi ke tempat-tempat mewah dan mahal.  Namun tidak selamanya pikiran itu benar. Liburan hemat ternyata juga bisa dilakukan tetapi tetap fun. Simak tips nya berikut ini.

 

Jangan liburan ketika orang lain liburan 🙂

Ada beberapa alasan mengapa sebaiknya kamu menghindari liburan di peak season (musim liburan), diantaranya harga tiket yang mahal dan antrian di tempat wisata. Harga tiket pesawat pada musim liburan biasanya naik hampir 2 kali lipat dari harga pada saat normal.

Oleh karena itu, kamu akan bisa liburan hemat jika pergi sebelum atau setelah musim liburan. Selain itu, kamu jadi bisa dapat lebih leluasa jika pergi bukan di musim liburan, karena biasanya lebih sepi, antrian di tempat-tempat wisata tidak terlalu panjang.

Musim liburan yang umum biasanya adalah saat Libur Natal – Tahun Baru (akhir Desember – awal Januari), dan saat libur sekolah (bulan Juni-Juli).

 

Buat budget liburan terlebih dahulu

ic: Budget liburan itu penting

Sebelum kamu pergi berlibur, kamu pasti harus menentukan tujuan liburan kan? Lakukan survei mendetail tentang tujuan liburan tersebut, apakah cocok dengan harapan kamu atau tidak. Cari tahu objek wisata apa saja yang ada di tempat tersebut, moda transportasi  yang dapat digunakan, harga penginapan, tempat makan dan lain sebagainya.

Dengan survei tersebut kamu bisa membuat budget liburan hemat kamu dan mulai menghitung berapa banyak uang yang harus kamu siapkan untuk liburan tersebut. Pastikan tidak ada komponen biaya yang terlupa, dan jangan lupa tambahkan biaya tak terduga di dalamnya.

 

Pilih yang nyaman tidak perlu mewah

Kalau kamu ingin liburan hemat, maka liburanmu tidak perlu bermewah-mewah. Kamu bisa menggunakan hotel bintang 3 daripada bintang 4, tidak perlu ada kolam renang yang penting kamarnya bersih dan nyaman, cukup untuk tidur dan beristirahat. Untuk transportasi kamu juga bisa memaksimalkan penggunaan transportasi umum yang ada, tidak perlu menyewa mobil seharian penuh. Dan tidak usah kuatir, saat ini transportasi online (seperti Uber, Grab, dll), sudah tersedia di banyak kota dan negara.

 

Lakukan pemesanan sejak jauh hari

ic: Booking online tiket wisata harga murah

Setelah perhitungan budget selesai, dan dananya tersedia, kamu sebaiknya mulai melakukan pemesanan tiket pesawat atau tiket kereta, hotel, dan tiket tempat wisata yang ingin kamu kunjungi. Ingat, semakin mepet dengan hari keberangkatan, biasanya harga tiket akan menjadi semakin mahal, atau apesnya malah sudah kehabisan kursi.

Saat ini banyak travel agent online yang menyediakan pemesanan tiket pesawat, tiket kereta api, voucher hotel, dan tiket tempat wisata dengan harga yang murah. Bandingkan saja satu sama lainnya, dengan tetap memperhatikan review yang ada.

 

Catat pengeluaran selama liburan

Ingat, sebelum liburan kamu sudah membuat budget liburan hemat kamu dengan memperhitungkan semua pengeluaran yang ada. Pastikan kamu mematuhi budget liburan tersebut dengan mencatat semua pengeluaran yang terjadi selama liburan. Catat semua, jangan ada yang terlupa.

Untuk mempermudah saat ini sudah banyak aplikasi di smartphone yang dapat membantu pencatatan pengeluaran liburan kamu.

 

Gunakan kartu kredit secara bijaksana

Kartu kredit saat ini sudah menjadi umum untuk menjadi alat pembayaran pengganti uang tunai. Ketika memesan tiket misalnya, akan lebih praktis apabila menggunakan kartu kredit daripada transfer tunai. Atau ketika berbelanja di toko-toko ketika liburan, akan lebih praktis apabila menggunakan kartu kredit. Namun demikian kamu tetap harus memperhatikan pengeluaran kartu kredit kamu. Jangan sampai selesai liburan kamu malah pusing memikirkan tagihan yang membengkak. Ingat, kartu kredit adalah pengganti uang tunai, bukan alat berhutang.

 

Belanja dengan selektif

ic: Belanja oleh-oleh untuk kenangan liburan

 

Rasanya tidak mungkin berlibur tanpa belanja atau shopping. Saat pergi liburan,  tentu membeli oleh-oleh dan suvenir sangat dianjurkan supaya kamu dapat mengenang momen-momen liburan kamu. Carilah tempat berbelanja yang murah tapi bagus. Biasanya berbelanja di pasar tradisional akan lebih murah dan daripada toko cinderamata. Jangan lupa untuk menawar harga terlebih dahulu …

 

Demikian beberapa tips praktis untuk liburan hemat dan fun yang mungkin bisa membantu kamu. Yuk, liburan!

 

LEAVE A COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *