6-8 DEC 2016: DISKON TIKET WISATA POPULER UNTUK LIBURAN SEKOLAH Sayang Anak

Tips Tetap Sehat Selama Penerbangan


04 Agustus 2016

Terbang merupakan kegiatan rutin bagi jutaan orang, dan tidak menimbulkan pertimbangan kesehatan bagi sebagian besar dari mereka. Namun, ada hal-hal tertentu yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa penerbangan Anda semaksimal mungkin, terutama untuk penerbangan jarah jauh.

Perubahan tekanan udara sementara dapat menyebabkan telinga Anda untuk 'pop' atau mengalami sensasi kenyang. Untuk menyamakan tekanan udara, sering menelan; atau mengunyah permen karet kadang-kadang membantu. Menguap juga efektif. Hindari tidur selama pesawat sedang menurunkan ketinggian. Jika menguap atau menelan tidak membantu, gunakan 'Valsava manuver':

  • Jepit lubang hidung Anda, dan bernafaslah melalui mulut.
  • Menggunakan hanya otot-otot pipi dan tenggorokan Anda, memaksa udara ke bagian belakang hidung Anda seolah-olah Anda sedang mencoba untuk meniup ibu jari dan jari dari lubang hidung Anda.
  • Tiup dalam-dalam dengan pelan dan singkatKetika Anda mendengar atau merasakan pop di telinga Anda, Anda telah berhasil.  Jangan pernah bernafas terlalu keras dari paru-paru atau perut (diafragma); ini dapat membuat tekanan yang terlalu kuat.


Jika Anda memiliki infeksi pernapasan atau sinus bagian atas, Anda juga mungkin mengalami ketidaknyamanan akibat perubahan tekanan. Tundalah perjalanan Anda jika mungkin.  Perubahan tekanan juga menyebabkan kaki Anda membengkak. Cobalah untuk tidak memakai sepatu baru atau sepatu yang ketat saat terbang.

Jika Anda mengkonsumsi obat resep, bawalah secukupnya untuk melalui perjalanan Anda. Tidak ada salahnya untuk membawa serta salinan resep, atau nama dan telepon dokter Anda, untuk berjaga-jaga apabila obat anda hilang atau dicuri. Simpanlah obat dalam kemasan botol resep asli untuk menghindari pertanyaan di keamanan atau inspeksi Bea Cukai. Bawalah obat dalam saku atau tas jinjing; jangan masukkan dalam bagasi, agar tidak hilang.

Meminimalkan efek jet lag

Anda dapat meminimalkan efek dari jet lag dalam beberapa cara:
  • Tidur dengan cukup beberapa malam sebelum perjalanan Anda.
  • Cobalah untuk mengambil penerbangan yang tiba pada malam hari, sehingga Anda dapat langsung tidur.
  • Tidur di pesawat.
  • Selama penerbangan lakukan latihan isometrik, makan ringan, dan minum sedikit atau kurangi alkohol.
  • Cobalah untuk menggunakan kamar kecil di terminal bandara sebelum keberangkatan. Pada beberapa penerbangan kabin kru akan memulai layanan minuman tak lama setelah Tanda "Kencangkan Sabuk Pengaman" dimatikan, dan trolly yang melayani dapat memblokir akses ke toilet.

 

Demikian beberapa tips yang bermanfaat agar perjalanan Anda menjadi nyaman.




{
% comment %}